Selasa, 22 Oktober 2013

ORGANISASI



  • ·         Definisi Organisasi


Pengertian organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu


  • ·         Organisasi Menurut Para Ahli:


1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


  • ·         Syarat Organisasi:


1.      Adanya visi dan misi
2.      Keselarasan tujuan
3.      Adanya struktur jabatan dan
4.      Adanya pembagian kerja.

Berdasarkan bentuknya organisasi dapat di klasifikasikan kedalam 4 jenis yakni :
1. Organisasi garis
2. Organisasi garis dan staff
3. Organisasi fungsional
4. Organisasi panitia

Namun secara umum organisasi dibedakan dalam beberapa jenis diantaranya :
1. Organisasi kemasyarakatan/social
2. Organisasi kemahasiswaan
3. Organisasi politik
4. Organisasi dunia/kenegaraan dan sebagainya.



Saat ini saya tergabung dalam UKM SNAP Photography Universitas Gunadarma. Setelah mengadakan pameran calon angkatan dan mengikuti pembelajaran di SNAP selama setahun kebelakang saya resmi menjadi anggota angkatan 22 dari UKM ini. Menurut jenisnya organisasi yang saya ikuti ini adalah organisasi kemahasiswaan.

Disini selain berorganisasi saya juga menyalurkan hobi saya dalam photography. Bisa dibilang hobi saya ini didapatkan sejak saya kecil. Sejak kecil saya sudah mencintai dunia ini, karna menurut saya photography adalah suatu hobi yang menyenangkan sekaligus menantang. Tantangannya tentu dalam mengabadikan sebuah foto agar menjadi foto yang indah dipandang dan berkelas. Dalam organisasi ini tidak diharuskan mempunyai kamera tetapi hanya dibutuhkan kemauan dalam mempelajari photography serta kebersamaan antara anggota-anggota organisasi.

Kegiatan disini tentunya selain berorganisasi yaitu saling sharing mengenai photography. Hal ini dilakukan untuk berbagi pengalaman bagi anggota yang telah lama mengikuti organisasi ini kepada anggota yang masih baru. Tidak ada yang namanya senioritas dalam organisasi ini, karena kami menganggap di dalam organisasi ini kami sama-sama belajar.

1 komentar: